Kurikulum yang di Gunakan di DTA Tahun Ajaran 2011-2012

Rapat Pembahasan Kurikulum DTA  Kab Bandung, dilaksanakan pada hari Sabtu 24 September 2011, di pimpin langsung Oleh Ketua FKDT Kab. Bandung. Pada rapat tersebut dibahas mengenai kurikulum DTA tahun 2006 dan Kurikulum DTA tahun 2010.

Ada beberapa masalah yang muncul dari kedua kurikulum tersebut. Kurikulum 2006 jumlah level/tingkatannya ada 4 tingkat yaitu dari kelas 1 sampai 4. Pada kurikulum DTA Standar isi Tahun 2010 jumlah level/tingkatan untuk DTA telah mengalami perobahan menjadi enam kelas.

Isi dari kedua buku kurikulum secara garis besar sama hanya berbeda pada penempatan materi untuk per kelasnya.

Permasalahan yang muncul:

1. Apabila DTA menggunkan kurikulum tahun 2010, Buku belum tersedia

2. Apabila menggunakan kurikulum kurikulum 2004  jumlah level hanya untuk 4 kelas sementara DTA sudah 6 kelas.

3. Jika tetap menggunakan kurikulum 2006, dikarenakan bukunya sudah tersedia, maka

a. apakah buku kelas 1 tetap untuk kelas 1, kelas 2 untuk kelas 2 dan seterusnya, dan untuk kelas 5  dan 6 kita mencari materi atau khusus kelas 5 dan 6 menggunakan kurikulum tahun 2010.

b.  atau buku kelas 1 untuk kelas 3 , buku kelas 2 untuk kelas 4 dan seterusnya, untuk kelas 1 dan 2 mencari materi.

Pimpinan Rapat bermusyawarah dengan seluruh peserta rapat untuk mencari solusi.

Beberapa Perwakilan FKDT menyampaikan pendapatnya, diantaranya:

FKDT Kec. Cileunyi, FKDT Kec. Ciparay, FKDT Kec. Cikancung, FKDT Kec. Pameungpeuk, secara garis besar semuanya berpendapat, memilih untuk menggunakan Kurikulum 2006, untuk materi kelas 1 daisampaikan pada anak kelas 3 dan seterusnya.

Permasalahan kedua yang muncul

jika materi  kelas 1 diberikan ke anak kelas 3 dan seterusnya, maka untuk anak kelas 1 dan 2 DTA materi seperti apa yang akan diberikan, apakah akan mengambil dari materi kurikulum 2010 atau di kembalikan kepada DTA masing-masing.

.: Kesimpulan

Untuk Kurikulum Tahun Ajaran 2011/2012 menggunakan kurikulum 2006  materi  sudah ada di Buku. dengan penerapan materi pada buku kelas 1 disampaikan untuk siswa kelas 3, kelas 2 untuk kelas 4 dan seterusnya. sedangkan untuk materi kelas 1 dan 2 diserahkan sepenuhnya pada DTA masing-masing.

About these ads

5 Tanggapan

  1. selamat yach , jaya terus buat fkdt kab bandung.

  2. sebaiknya fkdt jabar secepatnya mencari solusi utk permasalahan buku sumber bagaimanapun isyu yg paling perlu mendapat perhatian … diniyah sangat keras berteriak tentang buku sumber ini.. tolong pa ketua…. kepala diniyah kab. Cianjur

  3. apakah setiap wilayah bole secara indepenen dlam menentukan kurikulum jenis?

    • DISINI PERLU KETEGASAN FKDT PUSAT KALAU MEMAMANG MAU DISERAGAMKAN JANGAN NSETENGAH2 4TH BOLEH 6 TAHUN BOLEH KAN INI AKAN BLUNDER DINIYAH SE INDONESIA …. HIDUP TERUS DTA TOCH BUKAN PENYELENGGARAAN SAJA YANG PENTING TAPI LEBIH DARI ITU ANAK DIDIK KITA YANG MEMERLUKAN ILMU AGAMA AGAR TIDAK GAGAP AGAMA WALAUPUN MEREKA SUDAH ISLAM

  4. jika ada kesungguhan dari semua pihak pasti bisa, terutama dari pengambil dan pembuat kebijakan dan keputusan.

Mau Berkomentar Silahkan Menulis di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: